Sunday, November 16, 2014

Makanan-makanan Penyebab Anda Susah Tidur


utusan malaysia terkini

Makanan-makanan Penyebab Anda Susah Tidur


indah.com

Makanan-makanan Penyebab Anda Susah Tidur

  Foto: copyright Thinkstockphotos.com
 Makanan yang memiliki rasa pedas dan juga masam dapat menyebabkan ketidak-nyaman pada perut ketika tidur. Kerana itu, sebaiknya hindari konsumsinya sebelum tidur. Anda tak harus berhenti mengonsumsi makanan jenis ini, cukup hindari mengonsumsinya 3 jam sebelum tidur.




Makanan yang diperam
Mungkin anda tak pernah menyangka bahawa makanan hasil fermentasi seperti tapai, keju, ikan asap/ pekasam  dan lain sebagainya juga dapat menjadi biang penyebab insomnia yang anda alami.

Asam amino Tyramine menstimulasi otak dan membuat rasa tidak mengantuk . Hindari konsumsinya sebelum tidur agar anda dapat beristirahat dengan tenang.

 

Kafein
 Zat yang satu ini telah lama dikenal sebagai penunda kantuk dan penambah energi. Zat ini dapat menstimulasi otak anda sehingga anda tidak merasakan mengantuk.
Yang perlu anda ingat, kafein tidak semata-mata hanya berasal dari kopi. Soda, teh, dan beberapa ubat-ubatan juga mengandung kafein. Jika anda termasuk sensitif terhadap kafein, pilihlah minuman yang tidak mengandung kafein dan cek label ubat-ubatan yang anda konsumsi.
 
Alkohol
Selain dapat berakibat buruk dalam jangka panjang, konsumsi minuman beralkohol seperti bir, wine, dan lainnya dapat membuat tidur anda tak nyenyak.
Minuman beralkohol sendiri sebenarnya dapat membuat anda merasa nyaman dan cepat tidur. Tetapi, tidur yang ditimbulkannya tidak nyenyak dan relatif banyak gangguan. Ketika terbangun keesokan harinya, tubuh akan terasa letih dan masih memerlukan istirahat tambahan.
sumber: Vemale.com 






No comments:

Post a Comment