Monday, August 25, 2014

Gempa bumi dahsyat. Gabernor California Umumkan Darurat


utusan malaysia terkini

Gempa bumi dahsyat. Gabernor California Umumkan Darurat


indah.com

Gempa bumi dahsyat. Gabernor California Umumkan Darurat

25/8/14
 
AP PHOTO Seorang anggota bomba mengamati rumah-rumah yang hancur akibat gempa di Napa, California, AS (24/8/2014).
  
KOMPAS.com — Gabernor California Jerry Brown mengumumkan status darurat di sebahagian negara bagian itu setelah gempa bumi terdahsyat yang mengguncang kawasan Teluk San Fransisco dalam 25 tahun ini.

Sebahagian besar kerosakan akibat gempa berkekuatan 6.0 skala Richter pada Ahad (24/8/2014) dini hari itu terjadi di sekitar kota Napa, yang menjadi pusat kekuatan gempa. Napa merupakan kawasan terkenal penghasil minuman anggur di California   utara.Ketua Operasi Bomba  Napa, John Callanan mengatakan, kota tersebut kehabisan sumber daya untuk memadamkan enam kebakaran, membawa warga yang cedera ke rumah sakit, mencari mereka yang mungkin masih terperangkap  di bawah  runtuhan bangunan, dan menjawab panggilan telepon darurat.

Kekacauan terjadi setelah gempa menyebabkan kebocoran gas, pecahnya paip air, dan putusnya sambungan elektrik.
Callanan menambahkan, sedikitnya tiga orang dilaporkan berada dalam keadaan kritikal, termasuk seorang anak kecil yang tertimpa sebagian perapian dan kini sedang diterbangkan ke sebuah rumah sakit khusus untuk menjalani pemeriksaan saraf.

Pasukan  inspeksi juga sedang melakukan evaluasi terhadap  bangunan-bangunan , jambatan, dan jalan  yang rosak.
Rumah Sakit Queen of the Valley di Napa mengatakan, 80 peratus orang yang dirawat menderita cedera ringan.

Pusat gempa diperkirakan berada sekitar 80 kilometer di barat daya Sacramento dan rentetan gempa susulan terjadi di kota Napa. Diperkirakan 30 hingga 70 gempa susulan masih akan terjadi minggu depan.
Editor : Tri Wahono
Sumber: VOA Indonesia






No comments:

Post a Comment