Friday, May 2, 2014

Penjara ini hanya dihuni seorang banduan


utusan malaysia terkini

Penjara ini hanya dihuni seorang banduan


indah.com

Penjara ini hanya dihuni seorang banduan

 
ABC Penjara khusus bagi anggota geng motor di Woodford, Queensland.

CANBERRA, KOMPAS.COM - Pemerintah Negara   Queensland, Australia, sejak Oktober tahun lalu membentuk penjara khas bagi anggota geng motor yang melanggar undang-undang. Namun hingga minggu  ini, penjara di daerah Woodford itu ternyata hanya dihuni oleh seorang tahanan.

Syarikat Pekerja PNS Queensland, Together, Jumaat (2/5/2014) menyatakan, penjara Woodford dibangun dengan kapasiti 52 tempat tidur dan diperuntukkan bagi anggota geng motor yang melanggar hukum.

Menurut juru cakap Together, Allison Finley-Bisset, kondisi ini memprihatinkan mengingat penjara lainnya di negara bagian itu mengalami kelebihan kapasiti.

"Terakhir kami dengar penghuninya cuma satu orang padahal pengawasan dan pemeliharaannya berjalan seperti biasa," katanya. "Ini membazir saja". "Seharusnya pemerintah memindahkan para tahanan dari penjara yang kepenuhan ke penjara yang kosong itu," kata Finley-Bisset.

UU Anti Geng Motor di Queensland mencakup aturan yang memberi kewenangan lebih besar bagi pihak berwajib, pembentukan penjara khusus, keharusan menjalani hukuman selama 15 tahun tanpa bebas bersyarat.

Selain itu, banduan juga diharuskan menjalani ujian dadah dan sewaktu-waktu siap digeledah di tahanan. Penjara khusus ini tidak membolehkan adanya TV dan gym, penggunaan telepon yang dipantau, surat-surat diperiksa, jam kunjungan maksima  satu jam seminggu.

UU ini juga menyatakan anggota geng motor dari negara bagian lainnya akan ditempatkan di Penjara Woodford. Anggota geng motor juga dilarang memiliki dan menjalankan toko-toko tattoo, serta motor mereka akan dihancurkan jika terbukti melanggar hukum.
Editor : Egidius Patnistik
Sumber: ABC Australia






No comments:

Post a Comment